Monday, December 3, 2012

Hubungan Migrasi Dengan Kesejahteraan


Apa itu Migrasi?

                Migrasi adalah adalah perpindahan penduduk dengan tujuan untuk menetap dari suatu tempat ke tempat lain melewati batas administratif (migrasi internal) atau batas politik/negara (migrasi internasional). Dengan kata lain, migrasi diartikan sebagai perpindahan yang relatif permanen dari suatu daerah (negara) ke daerah (negara) lain.

Apa itu Kesejahteraan?

                Kesejahteraan adalah kondisi dimana penduduk dapat memenuhi kebutuhannya dan bahkan terkadang dapat melebihi dari kebutuhannya tersebut.


Apa Hubungan Migrasi dan Kesejahteraan?

Kebanyakan alasan seseorang melakukan migrasi untuk memenuhi kebutuhan ekonominya. Mereka berfikir bahwa dengan berpindah ke tempat lain, mereka mendapatkan makna dari kata “Sejahtera” atau “Kesejahteraan”. Pada dasarnya makna kesejahteraan itu relatif, maksudnya adalah setiap orang memiliki ukurannya sendiri. Ada yang merasa sudah sejahtera hanya dengan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari dan merasa aman, namun sebagian lagi masih kurang jika hanya dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dan hanya dengan rasa aman dan nyaman, mereka ingin lebih dari itu, misalnya merasa sejahtera jika mempunyai tabungan yang cukup untuk masa depannya, dan lain sebagainya.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencapai kata “kesejahteraan”, salah satunya yaitu dengan bekerja. Membuat lapangan pekerjaan atau mencari pekerjaan. Ada berbagai jenis dari pekerjaan atau usaha yang dilakukan, semuanya hanya untuk mencapai kesehteraan.
               
Namun, tak semua usaha dari para imigran berjalan sesuai harapan. Karena tak mudah memang membangun suatu usaha di suatu tempat yang baru dari awal, namun para imigran harus tetap berusaha untuk dapat mencapai kata sejahtera.
               
Pada intinya semua orang memiliki hak untuk sukses dimana pun dan kapan pun, semuanya tergantung dari pribadi masing-masing; tergantung dari seberapa kuat tekad dan seberapa keras usaha yang telah dilakukan untuk mencapai kesejahteraan dalam hidup mereka.

Sumber Referensi :
2.       http://id.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment

Followers