Friday, May 6, 2016

PARALLEL PROCESSING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA SERVER E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MESSAGE PASSING INTERFACE (MPI)

Review

Sekarang ini perkembangan teknologi computer yang pesat, terutama pada jaringan, sallah satu teknologinya adalah Parallel Processing Komputasi. Parallel processingkomputasi adalah proses atau pekerjaan komputasi dikomputer dengan memakai suatu bahasa pemrograman yang dijalankan secara paralel pada saat bersamaan dengan tujuan untuk meningkatkan kecepatan komputasi dibanding komputer tunggal.
Parallel Processing (Cluster) yang dibangun adalah untuk komputasi performa tinggi atau High Performance Computing (HPC) dan penyeimbangan kinerja server elearning atau Load Balancing Cluster (LBC). Dibutuhkan paling sedikit dua komputer yang terhubung ke sebuah jaringan privat untuk membuatnya. Sistem operasi yang dipakai untuk cluster adalah sistem operasi Linux karena dianggap sebagai sistem operasi yang mudah dikonfigurasi dan sifatnya yang open source.
Sebuah antar muka pemrograman yang digunakan untuk mendistribusikan proses ke simpul-simpul komputasi yang lain di dalam sebuah cluster (parallel processing) disebut Message Passing Interface atau MPI. MPI adalah mekanisme parallel processing yang digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang dapat dijalankan secara paralel pada Cluster Linux. Dengan adanya penelitian tentang parallel processing dan komputer cluster ini, diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan komputasi untuk meningkatkan kinerja server e-learning SMA Negeri 1 Pekanbaru. Masalah disini adalah bagaimana meningkatkan atau menyeimbangkan beban kerja server e-learning (web server) dengan mekanisme Message Passing Interface (MPI).

Nama Anggota Kelompok :
- Alisca Damayanti                 50412648
- Aviv Arifian Darmayanto     51412263
- Ronny Armeilla                    56412688
- Yoga Ginanjar                       57412821

          
Sumber :

Link Universitas Gunadarma

No comments:

Post a Comment

Followers