Saturday, June 7, 2014

AniChart : Tempat Tentang Informasi Anime per Musim




AniChart merupakan salah satu web yang digunakan untuk melihat informasi tentang anime,  seperti : synopsis, preview, producer, jumlah episode, genre, rating, karakter dan pengisi suara (Seiyu / 声優) dari karakter anime tersebut. Selain itu, kita juga mendapatkan informasi tentang anime yang akan rilis pada musim-musim tertentu, termasuk waktu anime itu akan tayang.


Navigasi Web


            Navigasi web merupakan fitur yang ada pada setiap web pada umumnya, karena fungsi dari navigasi web adalah untuk berpindah halaman. Navigasi web yang terdapat pada AniChart adalah sebagai berikut :

1.       Airing Chart
Halaman ini berisi info tentang waktu rilis episode dari anime yang masih ongoing.
Jadwal rilis Senin 9 Juni 2014


1.       Twitter, Facebook, Google+
Ini akan membawa kita menuju ke official account dari AniChart pada masing-masing media sosial  yang tercantum.

2.        About
Halaman ini menjelaskan tentang apa itu AniChart dan siapa pengelola AniChart.

3.       Contact
Jika kita mempunyai pertanyaan kepada pengelola AniChart, kita bisa bertanya melalui halaman ini.

4.       Spring, Summer, Fall, Winter.
Halaman ini berisi informasi tentang anime pada musim sebelumnya, saat ini dan yang akan datang.
Spring 2014
5.       TBA
Halaman ini berisi informasi tentang anime yang akan rilis yang belum diketahui waktunya.
KuroBas Season 3 yang belum diketahui tanggal rilis


Perilaku Pencarian

            Web ini menyediakan mesin pencarian. Pencarian pada web ini dapat dilakukan dengan menuliskan keyword yaitu judul anime pada Text Box Filter Anime. Maka anime yang berkaitan dengan judul yang dicari akan muncul jika itu terdapat pada Database AniChart.


Dampak Perilaku Sosial

                Dampak positifnya adalah kita dapat berkenalan dan berinteraksi dengan sesama penyuka anime yang sudah terdaftar pada web AniChart melalui fitur live chat. Kita juga dapat berdiskusi atau sekedar memberikan saran melalui fitur forum yang tersedia.
                Dampak negatifnya adalah kita semakin jarang berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan juga dunia nyata di luar kamar atau biasa disebut sebagai hikikomori (ひきこもり) dalam istilah jepang karena kita dapat mengetahui anime-anime yang menarik dan terbaru tanpa bertanya kepada teman.


Dampak Perilaku Ekonomi

                Seperti kebanyakan web yang bisa diakses secara gratis, mereka memperoleh dana dari sponsor atau iklan-iklan yang terpasang,  Web ini pun juga demikian. Walaupun web ini bisa diakses secara gratis tanpa harus membayar untuk mendaftar, pengelola web juga tetap bisa mendapatkan penghasilan melalui iklan-iklan yang terpasang pada web ini.



1 comment:

Followers